Apa itu BRILink?

Daftar Isi

Apa Itu BRILink?

BRILink adalah jaringan agen yang menyediakan layanan keuangan bagi masyarakat untuk melakukan berbagai transaksi perbankan secara online. Layanan ini merupakan pengembangan dari Bank Rakyat Indonesia (BRI) yang melibatkan nasabah BRI sebagai agen.

Melalui BRILink, masyarakat bisa melakukan berbagai jenis transaksi keuangan, seperti:

  • Transfer uang
  • Pembayaran tagihan
  • Pembelian pulsa
  • Setor dan tarik tunai
  • Pembayaran listrik dan PDAM
  • Pembayaran BPJS Ketenagakerjaan dan Kesehatan
  • Setoran pinjaman
  • Referral untuk simpanan dan pinjaman mikro
  • Top up BRIZZI dan pengecekan saldo

BRILink termasuk dalam program Laku Pandai, yaitu Layanan Keuangan Tanpa Kantor yang diinisiasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Tujuan dari BRILink adalah untuk meningkatkan tingkat inklusi keuangan di Indonesia.

Keuntungan Menjadi Agen BRILink

Menjadi agen BRILink memberikan beberapa keuntungan bisnis. Salah satu yang utama adalah potensi mendapatkan "fee based income" dari setiap transaksi yang dilakukan melalui perangkat BRILink. Agen akan mendapatkan komisi dari transaksi yang dilakukan oleh nasabah maupun non-nasabah, seperti pembayaran tagihan, setoran tunai, hingga pembelian pulsa dan token listrik.

Agen BRILink juga dapat meningkatkan arus pengunjung ke tempat usaha mereka. Biasanya, agen adalah pemilik toko kelontong atau warung yang selain melayani kebutuhan sehari-hari juga melayani transaksi keuangan, memberikan nilai tambah bagi usaha mereka.

Risiko dan Tantangan Menjadi Agen BRILink

Seperti bisnis lainnya, menjadi agen BRILink juga memiliki tantangan. Salah satu risiko utamanya adalah masalah operasional, di mana agen harus memastikan transaksi berjalan lancar tanpa gangguan teknis, seperti masalah dengan perangkat Electronic Data Capture (EDC). Agen juga harus berhati-hati dalam menangani uang tunai dan transaksi untuk menghindari kesalahan atau penipuan.

Standar Operasional Prosedur (SOP) BRILink

SOP BRILink dirancang untuk memberikan panduan yang jelas dan akurat mengenai kegiatan operasional agen BRILink. Dokumen ini meliputi prosedur operasional awal, pelayanan kepada pelanggan, dan operasional akhir hari. Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa setiap transaksi yang dilakukan oleh agen berjalan sesuai dengan standar yang telah ditetapkan oleh BRI.

ProsedurDeskripsi
Operasional AwalPersiapan perangkat EDC dan saldo kas untuk melayani transaksi.
Pelayanan PelangganMelakukan transaksi sesuai dengan kebutuhan pelanggan, baik tunai maupun non-tunai.
Operasional Akhir HariMencatat dan memeriksa kembali semua transaksi yang telah dilakukan sepanjang hari.
"BRILink memungkinkan masyarakat untuk mendapatkan layanan perbankan tanpa harus pergi ke kantor cabang BRI, sehingga memudahkan akses keuangan di daerah-daerah terpencil."
Bagaimana Cara Menjadi Agen BRILink?

Anda dapat mendaftar menjadi agen BRILink melalui kantor cabang BRI terdekat atau melalui situs resmi BRI dengan memenuhi syarat-syarat yang telah ditentukan. Setelah memenuhi syarat, agen akan diberikan perangkat EDC dan akses ke sistem BRILink untuk mulai melayani transaksi perbankan.

Ajun (pointru.com)
Ajun (pointru.com) Seorang Agen BRILink dari Unit BRI Ciemas, Sukabumi, Jawa Barat. Bekerja di percetakan rumahan, dan setiap hari banyak menghabiskan waktu didepan Komputer. Ngeblog dari 2014, pernah menikmati hasil dari blog dan adsense sampai 10jt/bulan.